Rangkuman Chapter 1

Hasil rangkuman chapter 1

E-doing adalah filosofi desain yang menerapkan prinsip bahwa orang belajar terbaik dengan melakukan. Kurikulumnya mencakup aktivitas e-doing yang sangat interaktif untuk membantu menstimulasi pembelajaran, meningkatkan retensi pengetahuan, dan membuat keseluruhan pengalaman belajar lebih kaya - dan itu membuat pemahaman konten menjadi lebih mudah.

platform jaringan data tempat hubungan sosial dan bisnis kita semakin bergantung. Materi meletakkan dasar untuk menjelajahi layanan, teknologi, dan masalah yang dihadapi oleh para profesional jaringan ketika mereka merancang, membangun, dan memelihara jaringan modern.

A. Media Sosial

Media sosial terdiri dari situs web interaktif tempat orang dan komunitas membuat dan membagikan konten buatan pengguna dengan teman, keluarga, rekan, dan dunia

B. Alat Kolaborasi

     Tanpa batasan lokasi atau zona waktu, alat kolaborasi memungkinkan individu untuk berkomunikasi satu sama lain, sering di seluruh video interaktif real-time.

C. Blog

Merupakan singkatan dari kata "weblogs", adalah halaman web yang mudah untuk diperbarui dan diedit. 

D. Podcasting

Podcasting memungkinkan orang untuk mengirimkan rekaman audio mereka ke khalayak luas.

E. Peer to Peer (P2P) File Sharing

Memungkinkan orang untuk berbagi file satu sama lain tanpa harus menyimpan dan mengunduhnya dari server pusat.

Jaringan ada dalam berbagai ukuran. Mereka dapat berkisar dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer sampai jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat. Internet adalah jaringan terbesar yang ada. Bahkan, istilah Internet berarti 'jaringan jaringan'. Internet adalah kumpulan jaringan pribadi dan publik yang saling berhubungan.

      Semua komputer yang terhubung ke jaringan yang berpartisipasi langsung dalam komunikasi jaringan diklasifikasikan sebagai host. Host juga disebut perangkat akhir.

Server adalah komputer dengan perangkat lunak yang memungkinkan mereka untuk memberikan informasi, seperti email atau halaman web, ke perangkat ujung lainnya di jaringan. Setiap layanan memerlukan perangkat lunak server terpisah.

Klien adalah komputer dengan perangkat lunak yang memungkinkan mereka untuk meminta dan menampilkan informasi yang diperoleh dari server. Contoh perangkat lunak klien adalah browser web, seperti Chrome atau FireFox. Satu komputer juga dapat menjalankan beberapa jenis perangkat lunak klien.

Peer to Peer

Dalam bisnis kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.

Keunggulan:

- Mudah Diatur

- Tidak Rumit

- Biaya Tidak Terlalu Mahal

- Dapat digunakan untuk tugas sederhana

Kerugian:

- Tidak ada administrasi terpusat

- Tidak aman

- Tidak terukur

- Semua perangkat bisa menjadi klien dan server

LAN, WAN, dan Internet

Jalur yang diambil pesan dari sumber ke tujuan dapat sesederhana satu kabel yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain, atau serumit kumpulan jaringan yang secara harfiah menjangkau dunia. Infrastruktur jaringan ini menyediakan saluran yang stabil dan andal di mana komunikasi ini terjadi.

Infrastruktur jaringan berisi tiga kategori komponen jaringan:

- Perangkat

- Media

- Jasa

Perangkat dan media adalah elemen fisik, atau perangkat keras, dari jaringan.

     Perangkat jaringan yang paling dikenal orang disebut End Devices. End Devices adalah sumber atau tujuan dari pesan yang dikirimkan melalui jaringan. Untuk membedakan satu perangkat ujung dari perangkat lainnya, setiap perangkat ujung pada jaringan diidentifikasi berdasarkan alamat.

Perangkat Perantara (Intermediary Network Devices)

     Perangkat perantara menghubungkan perangkat ujung individu ke jaringan dan dapat menghubungkan beberapa jaringan individual untuk membentuk suatu internetwork. Perangkat perantara ini menyediakan konektivitas dan memastikan bahwa data mengalir di seluruh jaringan.

     Peranti perantara menggunakan alamat perangkat tujuan akhir, bersama dengan informasi tentang interkoneksi jaringan, untuk menentukan jalur yang harus diambil pesan melalui jaringan.

Beberapa Intermediary Network Devices:

- Router Nirkabel

- Switch LAN

- Router

- Switch Multilayer

- Peralatan Firewall

Fungsi:

- Regenerasi dan kirim ulang sinyal data

- Mempertahankan informasi tentang jalur apa yang ada melalui jaringan dan internetwork

- Beritahu perangkat lain tentang kesalahan

- Mengizinkan atau menolak aliran data

- Network Interface Card - NIC, atau adapter LAN, menyediakan koneksi fisik ke jaringan di PC atau perangkat ujung lainnya.

- Port Fisik - Konektor atau outlet pada perangkat jaringan tempat media terhubung ke perangkat akhir atau perangkat jaringan lain.

- Interface - Port khusus pada perangkat jaringan yang terhubung ke jaringan individual. Karena router digunakan untuk menghubungkan jaringan, port pada router disebut sebagai antarmuka jaringan.

Topologi Diagram

Ada dua jenis diagram topologi:

- Diagram topologi fisik - Identifikasi lokasi fisik perangkat perantara dan pemasangan kabel.

- Logika diagram topologi - Identifikasi perangkat, port, dan skema pengalamatan. 

Networks come in all sizes

Jenis Jaringan

    Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal:

- Ukuran area tertutup

- Jumlah pengguna yang terhubung

- Jumlah dan jenis layanan yang tersedia

- Luas tanggung jawab.

Dua jenis infrastruktur jaringan yang paling umum:

Local Area Network (LAN) - Infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke pengguna dan perangkat akhir di area geografis yang kecil, yang biasanya merupakan perusahaan, rumah, atau jaringan bisnis kecil yang dimiliki dan dikelola oleh individu atau departemen TI.

Wide Area Network (WAN) - Infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain di area geografis yang luas, yang biasanya dimiliki dan dikelola oleh penyedia layanan telekomunikasi.

Jenis jaringan lain termasuk:

Metropolitan Area Network (MAN) - Infrastruktur jaringan yang menjangkau area fisik yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (misalnya, kota).

Wireless LAN (WLAN) - Serupa dengan LAN tetapi menghubungkan pengguna dan titik akhir secara nirkabel di area geografis yang kecil.

Storage Area Network (SAN) - Infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung server file dan menyediakan penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi.

LAN

     LAN adalah infrastruktur jaringan yang mencakup wilayah geografis yang kecil. Fitur khusus LAN meliputi:

     LAN menghubungkan perangkat akhir di area terbatas seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, atau kampus.

     LAN biasanya dikelola oleh satu organisasi atau individu

     LAN menyediakan bandwidth kecepatan tinggi ke perangkat ujung internal dan perangkat perantara.

WAN

     WAN adalah infrastruktur jaringan yang mencakup wilayah geografis yang luas. WAN biasanya dikelola oleh penyedia layanan (SP) atau Internet Service Provider (ISP).

Fitur khusus dari WAN termasuk:

     WAN menghubungkan LAN di wilayah geografis yang luas seperti antara kota, negara bagian, provinsi, negara, atau benua.

     WAN biasanya dikelola oleh beberapa penyedia layanan.

     WAN biasanya menyediakan tautan kecepatan yang lebih lambat antar LAN.

INTRANET dan EXTRANET

a. Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain dengan otorisasi.

b. Suatu organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk menyediakan akses yang aman dan aman kepada individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda, tetapi memerlukan akses ke data organisasi. Contoh ekstranet meliputi:

     Perusahaan yang menyediakan akses ke pemasok dan kontraktor luar.

     Sebuah rumah sakit yang menyediakan sistem pemesanan kepada dokter sehingga mereka dapat membuat janji untuk pasien mereka.

     Sebuah kantor pendidikan lokal yang menyediakan anggaran dan informasi personil ke sekolah-sekolah di kabupatennya.

INTERNET

     Internet adalah kumpulan seluruh dunia jaringan interkoneksi (internetwork atau internet untuk pendek), bekerja sama dengan satu sama lain untuk bertukar informasi dengan menggunakan standar umum. Melalui kabel telepon, kabel serat optik, transmisi nirkabel, dan link satelit, pengguna internet dapat saling bertukar informasi dalam berbagai bentuk. Untuk menghubungkan jarak jauh pengguna internet koneksi umum untuk kantor dan rumah kantor pengguna kecil, meliputi:

*Kabel

*DSL

*Seluler

*Satelit

*Telepon Dial-up

     Bisnis mungkin memerlukan bandwidth yang lebih tinggi, bandwidth dedicated, dan managed services. Pilihan koneksi yang tersedia berbeda tergantung pada jumlah penyedia layanan terletak di dekatnya. Berikut pilihan koneksi umum untuk organisasi, yang meliputi:

*Dedicated Leased Line

*Metro Ethernet

*DSL

Satelit

     Jaringan sangat bisa andalkan, berikut hal hal yang bisa diandalkan oleh jaringan :

*Planning untuk masa depan

*Arsitektur jaringan pendukung

*Toleransi kesalahan dalam jaringan circuit switched

*Toleransi kesalahan dalam jaringan packet-switched

*Jaringan scalable

*Menyediakan QoS

*Menyediakan keamanan jaringan

Security

Keamanan informasi mengacu pada melindungi informasi yang terkandung dalam paket yang dikirimkan melalui jaringan dan informasi yang disimpan di perangkat yang terpasang di jaringan.Untuk mencapai tujuan keamanan jaringan, ada tiga persyaratan utama, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2:

-Kerahasiaan - kerahasiaan data berarti bahwa hanya penerima yang dituju dan yang berwenang yang dapat mengakses dan membaca data.

-Integritas - Integritas data berarti memiliki jaminan bahwa informasi belum diubah dalam transmisi, dari asal ke tujuan.

-Ketersediaan - Ketersediaan data berarti memiliki jaminan akses yang tepat waktu dan dapat diandalkan ke layanan data untuk pengguna yang berwenang.

     Ada beberapa tren jaringan baru yang akan mempengaruhi organisasi dan konsumen. Beberapa tren teratas termasuk:

*Bring Your Own Device (BYOD)

*Online collaboration

*Video communications

*Cloud computing

Bring Your Own Device (BYOD)

     Konsep perangkat apa pun, untuk konten apa pun, dengan cara apa pun, adalah tren global utama yang memerlukan perubahan signifikan pada cara perangkat digunakan. Tren ini dikenal sebagai Bring Your Own Device (BYOD).

     BYOD adalah tentang pengguna akhir yang memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di seluruh jaringan bisnis atau kampus. BYOD berarti perangkat apa pun, dengan kepemilikan apa pun, digunakan di mana saja. 

Online Collaboration

     Untuk bisnis, kolaborasi adalah prioritas kritis dan strategis yang digunakan organisasi untuk tetap kompetitif. Kolaborasi juga merupakan prioritas dalam pendidikan.

Video Communications

     Video conferencing adalah alat yang ampuh untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jauh, baik lokal maupun global. Video menjadi persyaratan penting untuk kolaborasi yang efektif karena organisasi meluas melintasi batas geografis dan budaya.

Cloud Computing

     Cloud computing adalah tren global lain yang mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data. Cloud computing memungkinkan kami untuk menyimpan file pribadi, bahkan mem-backup seluruh hard disk drive kami di server melalui Internet. Ada empat tipe Cloud : Public Clouds, Private Clouds, Hybrid Clouds, and Custom Clouds. 

Ancaman Keamanan

     Keamanan jaringan adalah bagian integral dari jaringan komputer, terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet atau sebesar perusahaan dengan ribuan pengguna. Keamanan jaringan yang diterapkan harus mempertimbangkan lingkungan, serta alat dan persyaratan jaringan.

0 Comments